Home > Opini > Let me think

Let me think

Terkadang banyak pikiran yang menggelayut…

Jadi inget waktu ikut seminarnya bang Salim A. Fillah
Sesuatu yang sangat menohok dan jadi PR!!!
Segala hal tentag mengasuh dan mendidik anak
Subhanallah….
nggak gampang lho sodara

Waktu itu beliau ngasih contoh, ketika anak jatuh, dabrus…
terus nangis…apa yang akan kita lakukan?
bilang : “nggak sakit kok nak..nggak nangis lo ya..”
kurang lebih begitu, mungkin maksudnya biar si anak tabah nggak cengeng.

tapi ternyata apa yang beliau katakan membuat saya “iya juga ya”
begini :
dengan kata-kata itu terpikirkah kalian suatu saat nanti ketika kita udah tua, kena asam urat, terus ngeluh sakit, kita akan diperlakukan sama. si anak akan bilang “alah Bu…gitu aja ngeluh, masa sakit?”
masyaAllah yak…mungkin bukan salah dia, bisa jadi salah kita karena anak mengembalikan apa yag kita ajarkan.
“waktu kecil, waktu gw jatuh, jelas aja sakit, makanya gw nangis…e…sama nyokap malah dibilang kagak sakit, nggak boleh nangis…Macam amana pula?!”

Haha lebay, tapi kira2 begitu…sayangnya beliau nggak menjelaskan bagaimana seharusnya. Jadi itu yang sedang saya cari-cari sekarang hihi.

Selanjutnya yang menjadi pemikiran lagi adalah…
Banyak orang menaruh banyak sekali ekspektasi untuk anak mereka. Kelak jadi agen perubahan, membawa dunia ini kembali ke kejayaan Islam bla..bla..

Kemudian saya berpikir tentang sebuah ekspektasi. Banyak impian yang kita punya saat ini, tetapi kenapa nggak diwujudkan? harus menunggu orang lain mewujudkannya?

perubahan…
hal itu yang banyak didengungkan, diharapkan…tetapi kebanyakan orag menunggu,,,menunggu orang lain yang melakukannya. Ketika ada orang lain yang bergerak mereka diam, menonton, ketika orang lain gagal, mereka menyembunyikan wajah, tak mau pula disalahkan. Padahal di laur sana orang lain itu dipenjara, dirampas haknya, atau banyak bentuk hukuman lainnya.
Tetapi ketika orang lain berhasil mereka akan bilang “pikiran mereka sama dengan saya, apa saya bilang…, i belong to them…” hah…
kenapa bukan kita yang jadi “orang lain itu”

hem…sama kayak waktu Obama jadi presiden. Ekspektasinya pada berlebihan. He’s an American. kenapa banyak orang berharap dia akan melakukan hal yang luar biasa buat Indonesia. Hanya karena pernah tinggal di Indonesia? Berlebihan.

Kenapa bukan kita aja yang bikin Indonesia lebih baik. Tempat kita makan, kerja, berkeluarga, membesarkan anak, apa kita tega membiarkan ia dalam keadaan buruk terus menerus.

semoga saya yang menulis ini bisa melakukan sesuatu, meski bukan sesuatu yang besar…

Categories: Opini
  1. virdissa
    December 25, 2008 at 7:42 pm

    Iya kak,,bnyk org lebay brpkir obama bakal majuin ind0nesia jg.. Yaela,,c obama inget ind0nesia jg kagak x.. Dy dsni cuma bntar bgt kan?! SD Pula..
    Hhh,
    Tp aq sneng dy yg kepILih,,krna dy kan gag stuju dgn invasi2 ke irak etc..
    Jd minimal,,negara2 islam aman dari serangan amerika lah klo dy jd presiden..
    Gitchu..

  2. mencarimaknahidup
    December 26, 2008 at 7:51 am

    Allahu’alam,,,semoga aja bener nggak cuma jadi janji politik selama kampanye ajah…

  3. December 26, 2008 at 11:49 pm

    ttg anak: ambil kuliah psikologi anak aja, di ipb ada ko ;p
    ttg ekspektasi thd org lain: “harus kita sadari, perubahan tak dtg sendiri, kita yg memulainya” -> iklan susu
    ttg obama: wew..

  4. virdissa
    December 27, 2008 at 8:20 pm

    Insya Allah bener.. Abisan dy kan org kulit item,,jd dy bisa ngerasain gimana jd yg dibawah.. Bagaimana temen2 seperkulitannya diperlakukan tidak adil.. Jd mungkin dy mngerti bgaimana kalo negara islam digempur..😀

  5. mencarimaknahidup
    December 29, 2008 at 11:32 am

    @cira
    IPB tu kan Institut Pertanian Bogor kan? bukan Institut Psikologi Bogor :p
    hwehwe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: