Home > Ilmu > Aduuhhh… Maag..

Aduuhhh… Maag..

Apa sih sakit maag itu?
Sakit maag adalah nama akrab dari salah satu gangguan pada sistem pencernaan kita.?  Dalam dunia kesehatan, istilah yang dipakai adalah ulkus peptikum (tukak peptik), yang bisa menyerang lambung maupun duodenum. Lambung dan duodenum adalah bagian dari organ pencernaan kita. Sebagaimana kalian ketahui, sistem pencernaan kita terdiri dari bermacam-macam organ, yang dimulai dari mulut hingga anus. Lambung dan duodenum ini adalah tempat mencerna makanan tahap kedua setelah makanan dicerna di mulut kita. Gangguan or radang pada lambung dan duodenum ini juga disebut sebagai gastritis dari duodenitist.

Bagaimana terjadinya gangguan pada lambung/duodenum? Begini nih ceritanya: Makanan yang masuk ke lambung akan dicerna secara kimiawi dengan bantuan enzim pepsin dan renin serta asam lambung (HCl). Pada orang sehat, terdapat suatu keseimbangan antara enzim dan asam lambung dengan daya tahan mukosa lambung (lapisan lendir pada lambung). Artinya keberadaan enzim dan asam lambung tidak menimbulkan gangguan pada lapisan mukosa lambung. Mereka hidup bertetangga dengan baik, sehingga suasana damai tercipta dalam rongga lambung. Bila terjadi gangguan keseimbangan, maka akan terjadi kerusakan pada mukosa yang menimbulkan rasa sakit (nyeri). Bila gangguan ini terjadi terus menerus, maka terjadi luka pada lapisan mukosa lambung.

Rasa nyeri ini disebabkan oleh rangsangan asam lambung terhadap lapisan mukosa lambung, sehingga ujung-ujung syaraf yang ada padanya lebih peka terhadap rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan di daerah ulu hati dan terasa jelas sehingga bisa ditunjukkan dengan pasti lokasinya. Kadang-kadang nyeri ini dirasakan di dinding dada depan atau bisa juga di punggung. Selain nyeri, rangsangan asam lambung tadi juga mengakibatkan munculnya rasa mual. Nyeri ini akan terasa saat lambung kosong dan hilang setelah diisi makanan.

Gejala khas pada gangguan di duodenum adalah nyeri pada malam hari. Tidak semua penderita sakit maag merasakan adanya keluhan seperti tersebut di atas. Ada juga yang tanpa gejala, tapi tiba-tiba terjadi muntah darah atau buang air besar dengan darah yang menghitam. Oleh karena itu perlu waspada setiap saat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan pada semua usia. Karena begitu sering terjadi, maka penyakit ini termasuk salah satu masalah dalam bidang kesehatan.

Apa penyebab sakit maag?
Ada beberapa hal yang menjadikan seseorang bisa terserang radang lambung, antara lain:

a. Pola makan
Orang yang memiliki pola makan tidak teratur mudah terserang penyakit ini. Pada saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong, atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan “mencerna� lapisan mukosa lambung, sehingga timbul rasa nyeri.

b. Jenis makanan
Makanan tertentu akan merangsang dinding lambung, sehingga terjadi radang/luka, seperti makan yang pedas atau asam.

c. Stres emosi
Produksi asam lambung akan meningkat pada keadaan stres, seperti beban kerja yang berlebihan, cemas, takut, atau diburu-buru. Kadar asam lambung yang meningkat ini akan menimbulkan ketaknyamanan pada lambung.

d. Pemakaian obat
Ada obat-obat tertentu yang merangsang dinding lambung, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan dalam lambung. Oleh karena itu obat-obat tertentu, harus dikonsumsi sesudah makan. Beberapa di antaranya adalah obat penghilang rasa sakit dari golongan salisilat dan asam mifenamat (misal aspirin, ponstan). Obat-obat rematik juga termasuk di dalamnya.

e. Adanya penyakit seperti luka bakar, pembedahan gagal ginjal, dan lain-lain.

f. Alkohol dan rokok.

Bahaya yang mengancam
Banyak di atara kita yang menganggap sepele penyakit maag ini. Padahal banyak ancaman serius di balik serangannya. Aktivitas jadi terganggu lantaran nyeri, perih dan mual, adalah satu hal yang pasti. Nah, yang sering tidak disadari adalah akibat lebih lanjut dari penyakit ini. Jika dibiarkan saja tanpa pengobatan, maka radang akan semakin hebat, luka akan makin dalam, lambung akan berdarah. Gawat!

Adanya perdarahan di lambung ini ditandai dengan nyeri yang sangat dan disertai muntah darah atau buang air besar berupa darah yang sudah menghitam. Bila dibiarkan terus maka lambung bisa bocor, luka akan menembus dinding lambung sehingga lambungnya berlubang. Darah akan masuk ke rongga perut dan mengakibatkan rasa nyeri yang sangat hebat. Keadaan ini bisa mengakibatkan kematian.

Pencegahan dan Pengobatan

Makan makanan yang menyembuhkan dan jangan mengonsumsi makanan yang mengganggu borok tersebut.
1. Makanan yang menyembuhkan borok

  • Minum dua gelas air sebelum dan sesudah makan. Minumlah yang banyak sepanjang hari.
  • Keju, kelapa susu (rum), havermout, pisang

2. Makanan yang tidak berbahaya

  • Telor rebus, biskuit, kentang rebus, ketela, mie instan, pisang yang sudah masak

3. Makanan yang membuat borok semakin parah

  • Minuman keras, kopi, rokok, cabai dan merica, makanan berlemak,  minuman bersoda.

Perhatian

  1. Pendapat umum yang mengatakan bahwa susu adalah salah satu obat terbaik bagi borok lambung perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Justru hasil penelitian mengatakan jika susu akan meningkatkan produksi asam lambung dan memperparah penyakit borok lambung.
  2. Jangan meminum obat-obat tertentu seperti tablet Fe (besi), aspirin, corticosterroid, bahkan antacid seperti sodium bicarbonat karena hanya meredakan sakit untuk sementara waktu. Selebihnya akan merangsang lebih banyak lagi sekresi asam lambung
  3. Obat antacid yang paling aman adalah magnesium dan alumunium hidroxida

Sangatlah penting untuk segera mengobati borok lambung. Jika ini dibiarkan, penyakit akan lebih berbahaya seperti terjadi perdarahan dan peritonitis. Borok lambung biasanya akan membaik jika pasien mampu mengatur pola makannya, hidup lebih berhati-hati, menghindari hal-hal yang menyebabkan stres. Cobalah untuk belajar hidup lebih relaks tentu diikuti dengan pengobatan sehingga akan mencegah kambuhnya penyakit ini.

Makanan yang mampu mengurangi rasa sakit maag:

  • Bukan makanan yang bersifat merangsang (pedas, asam, dingin, manis)
  • Konsumsi kunyit, temulawak, pisang batu, dan madu, bisa mengurangi maag
  • Kurma
  • Bawang putih lanang
  • Bubur kentang

Puasa bagi Penderita Maag

Apakah seorang yang memiliki penyakit maag bisa berpuasa? Sering kita mendengar pertanyaan itu. Kadang orang umum berpendapat bahwa puasa akan mengakibatkan seseorang akan makin parah penyakit maag-nya. Menurut pendapat ahli kesehatan, ternyata puasa dapat memperbaiki sistem pencernaan dan mengurangi penyakit maag.

Seperti kita ketahui, jenis maag ada dua macam; maag ringan dan maag berat. Untuk seseorang yang menderita maag berat memang tidak dianjurkan untuk berpuasa. Namun bagi penderita maag ringa, puasa justru akan membantu proses kesembuhan penyakit maag.

Pada intinya, maag disebabkan oleh tidak teraturnya pola makan seseorang. Timbul pergesekan pada jaringan pencernaan sehingga menyebabkan asam lambung meningkat. Puasa merupakan sebuah cara untuk mendisiplinkan diri dalam hal makan. Dengan sendirinya tubuh akan terbantu dengan asupan yang kontinu dan bergizi.

Hal-hal yang harus dilakukan saat penderita maag berpuasa:

  1. Pilihlah makanan yang berserat, bergizi, dan mengandung vitamin.
  2. Minum air putih sebanyak-banyaknya ketika sahur
  3. Mengonsumsi suplemen tambahan untuk menambah aktivitas tubuh
  4. Selama puasa, usahakan untuk terus menata emosi. Karena maag berkaitan erat dengan stres.

Bagaimana Solusinya?

Bila penyakit maag ini sudah disadari oleh penderitanya, sebenarnya sangat mudah mengatasinya. Artinya, tidak dibiarkan berlanjut terus sehingga menjadi tukak lambung. Prinsip penanganannya adalah diet atau pengaturan makan. Jangan biarkan perut lama dalam keadaan kosong. Keadaan kosong ini dapat mengakibatkan asam lambung yang sudah diproduksi tidak mempunyai bahan untuk dicerna tau digilas, dan pada akhirnya dinding lambung sendiri yang menjadi sasarannya.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman pedas dan asam. Hindari makanan berlemak, karena lemak memang sulit dicerna oleh lambung. Selain itu, tektur makanan sebaiknya lembut (lunak).

Sering-seringlah minum air putih, karena bisa mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman tersebut. Kurangi mengkonsumsi minuman the, kopi atau soft drink. Porsi makanan sebaiknya tidak terlalu banyak, tetapisedikit dengan frekuensi sering.

Bila harus mengkonsumsi obat-obatan penahan nyeri (analgetik), maka sebaiknya diminum setelah makan dan tidak dalam keadaan kosong.

Bila disiplin dalam mengatur makanan ini, Insya Allah penyakit maag bisa membaik tanpa diobati. Seandainya perut masih melilit dan mual terus menerus, maka obat-obatan untul menetralkan asam lambung sangat membantu meringankan penderitaan. Misalnya, obat-obatan antasida. Bila dengan obat ini belum bisa teratasi, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Kadang kala diperlukan obat penenang untuk mengobatinya.

Waspada Bagi Wanita Hamil Muda.

Wanita saat hamil muda yang sebelumnya mempunyai riwayat penyakit maag, sangat beresiko kambuh, apalagi saat mengidam.

Saat mengidam, terkadang ibu hamil muda tidak berselera makan, mual dan muntah (emesis gravidarium) akibat pengaruh hormone chorionic gonadotropin. Karena perut sering dalam keadaan kosong, maka sakit tidak bisa dihindari. Begitupun sebaliknya, penyakit maag yang diderita sebelumnya bisa memperburuk masa mengidam wanita hamil, yaitu mual muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum). Oleh karena itu, hindari lebih dahulu makanan yang merangsang lambung. Selain itu, tablet penambah darah sementara jangan dikonsumsi dulu, mengingat obat ini juga mengiritasi lambung.

Selain pengobatan medis, penderita maag dan ganguan pencernaan memerlukan menu diet khusus untuk mempercepat penyembuhan. Syaratnya, makanan harus bertekstur lembut/lunak, tidak merangsang produksi asam lambung, porsinya kecil namun sering diberikan (setiap 3 jam). Makanan juga harus memenuhi kecukupan gizi tubuh, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan air.

Bahan pangan yang mengandung gas seperti, kol, kembang kol, nangka, durian, minuman bersoda, kopi dan alkohol harus dihindari. Jangan menggunakan bahan pangan berbumbu tajam yang dapat merangsang produksi asam lambung. Misalnya cabai, cuka, asam jawa, belimbing wuluh, asam kandis, asam gelugur, jeruk nipis dan lada.

Bahan pangan yang susah dicerna seperti beras ketan, singkong, jali, ubi, butter cream, kue tart sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan bahan pangan berserat tajam seperti kedondong dan nenas.

Teknik pengolahan sebaiknya menggunakan metode rebus dan kukus. Cara memasak ini akan menghasilkan makanan bertekstur lembut/lunak. Hindari memasak dengan cara digoreng atau dipanggang, selain makanan menjadi kering, liat dan keras. Memasak dengan cara ini banyak menggunakan minyak yang dapat merangsang rasa mual.

BUBUR WORTEL MAIZENA

Bahan:
2 sdm tepung maizena
60 g nasi putih
600 ml kaldu ayam/daging
40 ml wortel, parut
50 g daging ayam cincang tanpa lemak
1/4 sdt garam halus

Cara Membuat:
1.
Larutkan tepung maizena dengan kaldu, aduk rata.
2. Didihkan sambil diaduk hingga tekstur mengental.
3. Masukkan nasi putih, daging ayam cincang, parutan wortel dan garam. Masak sambil di aduk hingga nasi menjadi lunak dan semua bahan matang.
4. Angkat, masukkan dalam mangkuk/tempat saji. Hidangkan hangat.
Untuk 2 Porsi

sumber : Majalah Assunnah Edisi 06/tahun X/1427H/2006M, hal 13-14., http://www.gaulislam.com, Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo, www.AsianBrain.com, Agroindustrial Technology – Bogor Agricultural University

Categories: Ilmu
  1. chyslf
    October 22, 2009 at 6:20 am

    assalamu alaykum … pernah ngerasian pasti , mba yo ???? jazakumullah khyran atas artikelnya , mba ..

  2. mencarimaknahidup
    October 22, 2009 at 11:43 am

    @ cahaya salaf : wa’alaykumssalam warohmatullah wabarokatuh
    iya… sama-sama mas…🙂

  3. bagus tejo pramono
    October 30, 2009 at 11:20 am

    kayak ibu saya dirumah…
    gejala maag juga.

    copas ah

  4. mencarimaknahidup
    October 30, 2009 at 2:17 pm

    @ mas bagus : monggo, oiya, coba beli antasida buat ibunya diminum 3x sehari buat menetralisir asam lambung🙂

  5. bagus tejo pramono
    November 1, 2009 at 1:40 am

    inggeh bu Dokter!!!!

  6. mencarimaknahidup
    November 2, 2009 at 6:43 am

    @mas Tejo : kula sanes bu dokter ^^

  7. November 6, 2009 at 5:15 pm

    waaaw

  8. February 6, 2010 at 2:13 am

    wahh…syukran buat artikelnya,,,
    penyakit maag bisa sembuh secara total gak ya? saya punya sakit maag dari sma… gak baik2 sampe sekarang…

  9. mencarimaknahidup
    February 10, 2010 at 4:33 am

    @bang sagung : aw aw aw aw
    @wishnu : sama saya juga nggak sembuh2 tu.. hehe entah masalah sembuh atau tidaknya, mungkin bisa diatasi dengan pencegahan. Maag kan masalah waktu makan sama apa yang dimakan.. upayakan biar nggak kambuh aja. Ada madu yang khusus untuk maag, coba cari di toko herbal, kalo obat kimianya bisa antasida atau Inpepsa. semoga membantu ^^

  10. February 11, 2010 at 2:06 am

    iya…tapi kalo antasida dkk…cuma buat ngilangin sakit pas kambuh…
    madunya bisa dicoba insysAllah…
    emang makannya ga teratur si…tapi sekarang dah mulai teratur… terlalu teratu malah smpe naik BBnya…hahah… syukran infonya

  11. bidanpurnama
    December 13, 2010 at 5:56 pm

    mantab… tnks infonya ya…
    artikel kebidanan

    • mencarimaknahidup
      December 16, 2010 at 4:14 am

      sama-sama ^^

  12. Asriyanti
    June 25, 2015 at 8:00 pm

    Assalamualaikum..saya mau tanya,saya lg hamil muda punya penyakit maag..saya mau puasa ramadhan,tp sudah saya jalani beberapa hari..sekarang sudah ga kuat,pagi tuh sudah nyeri ulu hati..gimana tipsx..mksih

    • mencarimaknahidup
      November 2, 2015 at 4:48 am

      penyakit maag itu terkait pola makan. pertama perbaiki pola makan, waktu dan posrsinya konsisten dari hari ke hari hindari makanan dan minuman yang memicu produksi asam lambung belebih seperti makanan pedas dan asam. minuman berkafein, coklat, dan alkohol.
      tidur jangan terlalu malam. jika membantu minum obat maag, obat suspensi yang berbentuk liquid. awali hari dengan minum air putih hangat. semoga membantu🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: