Home > Ilmu > Menentukan Posisi pada Tim Basketball

Menentukan Posisi pada Tim Basketball

Tips ‘n Tricks for Basketball Player images

Basket adalah permainan yang membutuhkan kecepatan (tidak hanya fisik, tapi juga kecepatan dalam berpikir), kekuatan, dan juga mengerti dasar-dasar dalam permainan ini.Tidak ada jaminan dimanapun yang akan membuat sesorang menjadi pemain basket yang lebih baik terkecuali ia meluangkan sedikit waktunya untuk memahami permainan ini dan dasar-dasarnya.

Sebelum kita dapat bermain basket, kita harus mengetahui hal yang paling mendasar dari pemainan ini dengan dapat menentukan posisi kita dalam bermain agar dapat bermain maksimal sesuai dengan karakter kita nantinya. Dalam basket ada beberapa posisi pemain yang seringkali disesuaikan dengan skill dan juga postur tubuh.

Bagi mereka yang mempunyai postur tubuh tinggi biasanya akan menempati posisi center atau forward. Tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, paling tidak ini dilihat dari tim itu sendiri. Orang yang mempunyai postur tubuh tinggi di dalam timnya atau paling tidak lebih tinggi disbanding rekan setimnya akan menempati posisi ini.

Sedangkan bagi mereka yang mempunyai postur badan lebih kecil dan biasanya didukung oleh kemampuan dribbling atau membawa bola yang baik akan menempati posisi guard.

Guard
Posisi ini lebih sering berada di luar key hole atau perimeter area. Kebanyakan tim menempatkan pemain mereka yang plaing kecil dan paling cepat untuk posisi ini.Guard lebih sedikit beradu kontak fisik dengan pemain lawan dibandingkan dengan posisi forward dan center. Posisi guard sendiri terdiri dari dua macam; point guard dan shooting guard.

Point guard
Bertugas mengatur permainan dengan mengatur strategi yang akan diterapkan dengan menerapkan pola-pola permainan yang telah dipelajari oleh timnya. Walaupun handling bola penting pada posisi manapun, namun banyak yang percaya yang mempunyai kemampuan dribble paling baik akan cocok menempati posisi ini. Point guard mengatura serangan dan biasanya mempunyai tipikal melakukan passing yang pertama, jadi akurasi dana passing yang tepat adalah kunci dari kesuksesan pada posisi ini. Point guard seharusnya menjadi yang terdepan dalam memberikan assist di dalam timya.

Shooting guard/small forward
Shooting guard, tergantung dari strategi serangannya, akan menjadi pemain yang membantu bola mengalir dalam serangan, tapi pemain ini juga menjadi penembak utama, dan juga dapat melakukan drive ke dalam. Mereka juga dapat merangkap menjadi small forward, dan diharapkan dapat membuat screen dan mempunyai kemampuan rebound yang baik.

Forward
Kebanyakan forward mempunyai postur badan yang lebih besar dan lebih kuat dibandingkan posisi guard dan tentu saja mempunyai kemampuan rebound yang lebih baik dibandingkan guard posisi ini kadang disebut juga dengan power forward. Seorang forward harus dapat melihat posisi kosong di dekat key hole untuk melakukan penetrasi ke dalam, yang kemudian diharapkan dapat menerima passing lalu dilanjutkan dengan drive ke dalam. Forward biasanya memiliki postur tinggi dan kuat, tugas utama mereka adalah melakukan rebound dan bekerja di paint area. Forward diharuskan memiliki kemampuan menembak medium yang baik. Tembakan mereka akan lebih banyak berada di dekat ring atau sekitar paint area. Forward adalah salah satu posisi penting dalam permainan basket.

Center
Sering juga disebut big man dalam permainan basket. Biasanya mereka pemain yang paling tinggi dan paling besar dalam permainan. Pemain ini bertanggung jawab dalam melakukan rebound dan bermain di area key hole, center harus dapat memperjuangkan rebound dan bermain di bawah ring.

Demikian posisi-posisi yang ada dalam bermain basket, dengan dasar ini diharapkan kita dapat mengetahui posisi kita dalam bermain menjadi lebih efisien dan pastinya lebih baik lagi dalam bermain basket.

 

sumber : http://www.indonesianbasketball.com

Categories: Ilmu
  1. fefadonks
    November 16, 2009 at 5:22 am

    ahiks,,,demen basket tnyata,,, tonton aja hanamichi,,,best basketball player nuh,,,

  2. bagus tejo
    November 18, 2009 at 8:36 am

    mana kiper? kok ndak disebut? hohoho

    sejak dulu saya ndak suka Basket…😛

  3. mencarimaknahidup
    November 18, 2009 at 9:46 am

    @fefa : itu apa? kartun kah? mauu >,<
    @mas bagus : kiper? di lapangan sebelah kayaknya😀 kebanyakan laki-laki menyukai sepak bola sepertinya ^^

  4. fefadonks
    November 23, 2009 at 3:49 am

    minta ae ama asa,tu anak kan doyan nonton rous

  5. ifa
    November 24, 2009 at 1:55 pm

    waaah, basket!!!! mau belajar basket? tamatin deh komik “harlem beat”. the best basketball comic i ever read. mantabs!! “slam dunk” juga mantap!! zaman dulu juga ada film “MVP” kan? yang film korea itu lho, ada yang namanya pak guru sun. hehehe…

    @bagus tejo: kiper? hohoho, mantap2 (senyum2 ga jelas deh..)
    baca “shoot” dah! mantap! dah namatin “shoot” yg jadul sampe “shoot” yg challenge sampe critanya “shoot” jadi ga jelas lagi. hehehehe….
    kipernya “shoot”, huah.. mantap dah. banyak pelajaran dari sana. terserah mau babak belur gimanapun yang penting gawang gue aman!

    *ketauan kl doyan komik. hehehe

  6. mencarimaknahidup
    November 29, 2009 at 7:23 am

    itu komik lama bukan fa???

  7. February 10, 2010 at 3:00 pm

    saya kalo basket-an selalu jadi Center…
    lambat, ngarep bola dari temen… tapi “ganas” di bawah net basket.
    yah, setidaknya sampe SMA. kuliah ga pernah basketann lagi😦

  8. mencarimaknahidup
    February 11, 2010 at 4:39 am

    wuih jago rebound dong.. lompatannya harus mantep kan tuh nice😉

  9. February 12, 2010 at 11:18 am

    kenapa harus melompat? kan sudah tinggi, tinggal lemparannya saja yang harus dipaskan ring😛

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: